bird

Sabtu, 09 Maret 2013

10 cartoon terpavorite


10. Toy Story (1995)
Toy Story merupakan film Pixar pertama yang dirilis ke bioskop, meraup USD 356 Juta dari seluruh dunia. Selain itu Toy Story adalah film panjang dengan gambar buatan komputer pertama yang dirilis Disney. Toy Story mendapat penghargaan Academy Award dan Golden Globe Award. Ceritanya berkisar tentang petualangan mainan yang digambarkan bisa hidup jika tidak ada orang.
Woody adalah salah satu dari sekumpulan mainan di rumah Andy. Dia dan teman-temannya sangat resah karena Andy berulang tahun yang berarti dia akan mendapat hadiah dan ada kemungkinan mainan yang lama akan dilupakan. Satu-satunya hadiah mainan untuk Andy adalah Buzz Lightyear, sebuah tokoh petualangan luar angkasa. Kedatangannya mengundang kekaguman mainan lain dan kecemburuan Woody. Berbagai atribut Woody di kamar Andy juga diganti dengan pernak-pernik Buzz. Selain itu, Buzz belum sadar bahwa dia adalah mainan. Dan tetap menggangap dia petualang luar angkasa dan menganggap bahwa sayap dan penembak lasernya adalah asli.
Saat kecemburuannya memuncak terjadi sebuah masalah. Buzz terlempar keluar dan para mainan meminta Woody bertanggung jawab. Buzz dan Woody pun melewati petualangan yang menegangkan untuk kembali bersama teman-temannya, yang berada dalam truk pindahan karena Andy akan pindah rumah.
9. Bug’s Life (1998)
 
Bug’s Life berkisah tentang petualangan semut bernama Flik yang berkelana meninggalkan koloninya untuk mengumpulkan para serangga lain yang bisa diajaknya mempertahankan koloninya dari kawanan belalang jahat. Belalang memperlakukan koloni semut seperti budak mereka. Beberapa periode sekali, semut harus mengumpulkan makanan untuk para belalang. Di film ini, animasi Pixar sudah lebih bagus dibanding Toy Story.
Film ini sukses dan menjadi box office. Bug’s Life memenangkan beberapa penghargaan, salah satunya adalah Animasi Terbaik di Los Angeles Film Critics Association, Academy Award, dan Golden Globe Award.
8. Finding Nemo (2003)
Marlin si ikan badut adalah sosok calon ayah yang gugup. Saat tahu dia akan jadi ayah bagi 400 telur ikan, Marlin gugup apa anak-anaknya akan menyukainya. Tapi bencana datang, istri Marlin dan 399 calon bayinya dimakan ikan lain. Maka Marlin menjaga dengan sangat hati-hati satu-satunya anaknya yang tersisa, Nemo. Sayangnya suatu hari Nemo marah pada ayahnya dan melarikan diri. Dia kemudian tersesat dan hilang di samudera yang luas. Marlin kemudian bertekad mencari putranya yang hilang. Dalam pencarian, dia dibantu Dory, ikan yang mengalami short-term-memory lost alias gangguan ingatan sesaat. Kisah Marlin mencari Nemo adalah wujud perjuangan seorang ayah yang rela melakukan apa saja demi mencari putra tercinta, bahkan dengan mengarungi samudera luas sekalipun.
Finding Nemo adalah film yang sangat menghibur dan menyentuh apalagi saat bertemunya kembali Marlin dan Nemo. Film yang rilis tahun 2003 telah memenangkan beberapa penghargaan diantaranya adalah Academy Award, Golden Globe Award, dan Saturn Award untuk Film Animasi Terbaik.
7. Cars (2006)
Meskipun film Cars adalah satu-satunya animasi dari Pixar yang gagal mendapatkan keuntungan di atas USD 500 Juta, menurut saya film ini tetap luar biasa. Ide yang dituangkan dalam film ini benar-benar baru dan menakjubkan. Film ini membuat saya salut pada Pixar karena bisa membuat film yang sangat kreatif.  Saya menjadi penggemar film buatan Pixar sejak menonton film Cars.
Cars berkisah tentang mobil-mobil yang bisa bicara dan punya kehidupan. Suatu hari seorang mobil balap modern muda warna merah kinclong bernama Lightning McQueen terdampar di kota kecil di tepi gurun bernama Radiator Spring. Di sana dia kemudian mendapat pembelajaran hidup yang menjadi bekalnya menjuarai kompetisi balap, Piston Cup.
Cars menerima banyak penghargaan diantaranya dari Academy Award dan Golden Globe Award sebagai film Best Animated Feature.
6. Toy Story 2 (1995)
Toy Story 2 merupakan sekuel Toy Story besutan Pixar yang sukses. Toy Story 2 dirilis 4 tahun kemudian yaitu di tahun 1999. Penghargaan yang dimenangkan salah satunya adalah Gambar Terbaik-Musikal atau Komedi di ajang Golden Globe Award. Toy Story 2 juga diumumkan oleh Rotten Tomatoes sebagai Best Rated Movie of All-Time, dengan 100% total rating dari 242 positif dan 0 negatif, sekaligus Best Rated Animated Movie of All-Time.
Toy Story 2 kisahnya semakin menyenangkan. Sebelum pergi ke perkemahan musim panas, Andy hampir saja kehilangan Woody. Andy akhirnya memutuskan untuk tidak membawa Woody bersamanya. Woody terdampar  kotak boneka-boneka yang sedang diobral, sementara Woody berusaha menyelamatkan mainan lain agar tak dijual. Woody pun dicuri oleh pemilik toko mainan serakah. Ternyata Woody adalah mainan yang langka dan sangat berharga. Dia dibawa ke rumah pencuri tersebut di mana dia bertemu mainan lain yang tak pernah dia jumpai sebelumnya. Beruntung,  mainan Andy lainnya juga sedang mencari teman mereka yang hilang.
5. The Incredibles (2004)

 
The Incredibles dirilis pada tahun 2004 dan animasi pertama dari Pixar yang menampilkan karakter utamanya manusia, bukan hewan atau makhluk khayalan lainnya. The Incredible bercerita tentang sekeluarga superhero. Karena satu kasus yang dibuat ayahnya, akhirnya dibuat peraturan di kota itu tersebut bahwa superhero harus menyembunyikan diri dan tak boleh menunjukkan kekuatan supernya sebab membahayakan bagi yang lain. Keluarga tersebut terpaksa menjalani hidup yang normal dan membosankan.
Kehidupan mulai menyengat kembali sampai ada tawaran dari seorang gadis untuk melakukan tugas rahasia superhero. Bob sang ayah mulai bersemangat. Dia latihan kembali untuk mengembalikan bentuk badannya menjadi atletis, yang mana saat tugas pertama membuat dia kelelahan. Tapi ternyata ini hanyalah jebakan yang dibuat Buddy Pine, mantan Fans The Incredible. Bob tertangkap, keluarganya mencari kemana-mana. Dan mereka terlibat pengalaman seru bersama-sama untuk pertama kalinya.
The Incredibles memenangkan Best Animated Feature dalam ajang Academy Award dan Best Motion Picture dari Golden Globe Award.
4. Up (2009)
Up adalah film kedua dari Pixar yang karakter utamanya adalah manusia. Up menjadi film animasi komputer pertama yang mendapatkan nominasi Academy Award untuk Film Terbaik atau Best Picture. Film ini dirilis pertama di Amerika bertepatan dengan Cannes Film Festival dan merupakan film animasi pertama yang diputar pada perayaan tersebut.
Film ini berkisah tentang kakek bernama Carl Fredricksen yang selalu memimpikan sebuah petualangan besar. Dia selalu ingin menjelajahi daerah-daerah baru dan pergi berkeliling dunia. Sayangnya hingga dia berusia 78 tahun, semua itu hanya sekedar impian saja dan tak pernah jadi kenyataan.
Setelah istrinya meninggal, Carl mendapat masalah baru. Rumahnya akan digusur dan dia terancam berakhir di panti jompo. Merasa tak ada lagi yang bisa menghalanginya melakukan petualangan seperti yang dia impikan, Carl pun bertekad membawa rumahnya pergi mengelilingi dunia. Untuk mencapai tujuannya, Carl mengikatkan ribuan balon ke rumahnya dan menjadikan seluruh rumahnya sebuah balon terbang.
Celakanya, ada satu yang tak dia perhitungkan sebelumnya. Tanpa dia sadari, ternyata Russell, anak berusia delapan tahun yang punya rasa ingin tahu berlebihan, ikut terbawa dalam perjalanan. Akhirnya mau tak mau Carl harus membawa pergi Russell juga dan berharap bahwa mereka tak akan terlibat masalah besar karena ulah Russell.
3. Wall-E (2008)
Ajaib! Wall-E adalah film Pixar yang sukses dan berhasil memukau penonton dengan animasi tanpa dialog! Bahkan Wall-E juga termasuk film Pixar yang memenangkan Academy Award dan Golden Globe Award.
Film ini bercerita tentang sebuah robot bernama Wall-E. Wall-E merupakan sebuah robot pengepak sampah. Diceritakan bumi sudah tidak layak lagi untuk ditinggali karena sudah terlalu banyak sampah menggunung dan pada akhirnya manusia meninggalkan bumi dan hidup pada sebuah koloni antariksa yang bernama Axiom. Semua ini menjadi mungkin karena dunia sudah dikuasai sebuah mega-corporation yang bernama Buy ‘n Large (BnL) yang menguasai semua perekonomian, termasuk pemerintahan. Karena sampah yang sudah menggunung dimana-mana, dibuatlah Wall-E sebagai robot pengepak sampah.
Rencana awalnya manusia hidup di Axiom hanya dalam waktu 5 tahun selagi Wall-E membersihkan sampah-sampah yang ada. Namun pada akhirnya bumi dinyatakan terlalu berbahaya untuk ditinggali sehingga manusia tetap hidup di Axiom hingga 700 tahun lamanya. Wall-E menjadi kesepian sampai dia bertemu dengan Eve, sebuah robot peneliti yang dikirim dari Axiom. Eve bertugas mencari tanaman hidup di bumi. Kemudian Wall-E jatuh cinta pada Eve.
2. Ratatouille (2007)
Ratatouille menjadi film animasi dengan total rating tertinggi dari MetaCritic dengan 96 %. Film ini juga mendapat penghargaan Academy Award dan Golden Globe Award. Filmnya laris meraup USD 621 Juta dari seluruh dunia serta pujian dari para kritikus film.
Film animasi ini berkisah tentang seekor tikus yang memiliki citarasa tinggi terhadap makanan. Sejak awal, tikus yang satu ini memang unik, selalu tertarik terhadap masak-memasak. Seolah manusia yang jatuh hati pada dunia memasak, dia juga antusias terhadap acara di televisi yang menayangkan tentang memasak. Dia juga membaca buku tentang masakan.Suatu hari, dia menyadari bahwa rasa itu unik. Satu dengan yang lainnya berbeda. Namun perpaduan antara rasa-rasa itu dapat menambah kelezatan sebuah makanan.
Tetapi nasib sebagai seekor tikus, manusia tidak suka akan kehadirannya. Tikus yang identik dengan kotoran itu selalu menjadi musuh. Dia kemudian meneruskan hobi memasaknya dengan membantu seorang pemuda yang baru saja diterima kerja menjadi koki di sebuah restoran di Paris.
1. Toy Story 3 (2010)
Lagi-lagi Toy Story yang masuk dalam 10 besar film animasi terbaik buatan Pixar dan bahkan menurut saya Toy Story 3 adalah yang nomor 1. Ketiga seri Toy Story menjadi trilogy terbaik diumumkan oleh Rotten Tomatoes. Masing-masing filmnya mendapatkan rating 100%, 100% dan 99% dan dengan rating rata-rata 99,7%. Menjadikan trilogy film ini trilogy terbaik sepanjang masa, mengalahkan trilogi The Lord of the Rings atau trilogi The Godfather.
Toy Story 3 adalah satu-satunya film animasi yang berhasil mendapatkan keuntungan di atas USD 1 miliar. Toy Story 3 juga adalah film animasi dengan keuntungan tertinggi sejauh ini, mematahkan rekor Shrek 2 dengan USD 919 juta. Toy Story 3 termasuk di posisi kelima dalam urutan film tersukses sepanjang masa dan merupakan film dengan keuntungan tertinggi ditahun 2010.
Toys Story 3 bercerita tentang Andy yang sudah dewasa dan harus membereskan semua mainan yang dimilikinya, termasuk Woody. Kemudian Ibu Andy memberikan semua mainan Andy ke Taman Kanak-Kanak di kota, tetapi Woody mencoba menyelamatkan teman-temannya dari sana.
Nah, itu dia 10 film animasi terbaik buatan Pixar Animation Studios versi Kusukasuka.com. Yang mana favoritmu?
[toggle_box title="Penghargaan-penghargaan Film Pixar Animation Studios" width="Width of toggle box"]
  • Toy Story (1995)
    • Academy Award: Special Achievement Academy Award (untuk produser Toy Story dan untuk pencapaian pembuatan film animasi komputer pertama kali), Best Original Screenplay, Best Original Song (You Got a Friend in Me) dan Best Original Score.
    • Golden Globe Award: Best Motion Picture (Comedy/Musical) dan Best Original Song (You Got a Friend in Me).
  • A Bug’s Life (1998)
    • Academy Award: Best Original Score
    • Golden Globe Award: Best Original Score (Comedy/Musical).
  • Toy Story 2 (1999)
    • Academy Award: Best Original Song (When She Loved Me).
    • Golden Globe Award: Best Motion Picture (Comedy/Musical) dan Best Original Song (When She Loved Me).
  • Monsters, Inc. (2001)
    • Academy Award: Best Animated Feature, Best Original Song (If I Didn’t Have You), Best Sound Editing, dan Best Original Score.
    • Golden Globe Award: Best Original Score dan Best Original Song (If I Didn’t Have You).
  • Finding Nemo (2003)
    • Academy Award: Best Animated Feature, Best Original Score, Best Sound Editing, dan Best Original Screenplay.
    • Golden Globe Award: Best Motion Picture (Comedy/Musical).
  • The Incredibles (2004)
    • Academy Award: Best Animated Feature, Best Sound Editing, Best Sound Mixing dan Best Original Screenplay.
    • Golden Globe Award: Best Motion Picture (Comedy/Musical).
  • Cars (2006)
    • Academy Award: Best Animated Feature dan Best Original Song (Our Town).
    • Golden Globe Award: Best Animated Feature dan Best Original Song (Our Town).
  • Ratatouille (2007)
    • Academy Award: Best Animated Feature, Best Original Score, Best Sound Editing, Best Sound Mixing, dan Best Original Screenplay.
    • Golden Globe Award: Best Animated Feature.
  • Wall-E (2008)
    • Academy Award: Best Animated Feature, Best Original Score, Best Original Song (Down to Earth), Best Sound Editing, Best Sound Mixing, dan Best Original Screenplay.
    • Golden Globe Award: Best Animated Feature dan Best Original Song (Down to Earth).
  • Up (2009)
    • Academy Award: Best Picture, Best Animated Feature, Best Original Score, Best Original Song, Best Sound Mixing, Best Sound Editing, dan Best Original Screenplay.
    • Golden Globe Award: Best Animated Feature dan Best Original Score.
  • Toy Story 3 (2010)
    • Academy Award: Best Picture, Best Adapted Screenplay, Best Animated Feature, Best Original Song (We Belong Together), dan Best Sound Editing.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons