bird

Jumat, 08 Maret 2013

x-factor indonesia

X Factor Indonesia adalah sebuah acara realitas berupa kompetisi bernyanyi yang diadopsi dari tayangan asli The X Factor di Inggris; pemenang ajang pencarian bakat ini akan mendapat kontrak rekaman dari Sony Music Indonesia. Musim pertama dari program ini mulai ditayangkan di RCTI pada 28 Desember 2012. Sponsor utama acara ini adalah Cross Mobile dan slogan acara ini adalah "The Ultimate Singing Competition". Proses audisi telah diselenggarakan pada bulan September hingga November 2012.

Daftar isi

Juri dan pembawa acara

Pada 29 Oktober 2012, RCTI mengumumkan dua dari empat musisi yang akan mengisi posisi juri X Factor Indonesia, yaitu Ahmad Dhani dan Bebi Romeo. Dua video promosi untuk kedua musisi tersebut diunggah di akun YouTube resmi X Factor Indonesia.[1] Banyak nama-nama yang dirumorkan mengisi posisi untuk dua juri perempuan, terutama penyanyi internasional asal Indonesia, Anggun C. Sasmi. Pada 1 November 2012, Anggun mengumumkan lewat akun Twitter resminya bahwa ia tidak berpartisipasi dalam ajang ini.[2] Kabar yang beredar menyebutkan RCTI tidak sanggup memenuhi nilai kontrak yang Anggun minta, sementara Simon Cowell selaku pemegang lisensi The X Factor mewajibkan adanya penyanyi internasional di jajaran juri. Pada tanggal 16 November 2012, Rossa mengonfirmasi keterlibatan dirinya sebagai juri di X Factor Indonesia.[3]
RCTI pada akhirnya berhasil mencapai kata sepakat dengan Anggun. Ia resmi diumumkan sebagai juri pada 11 Desember 2012 lewat akun twitter X Factor Indonesia. Namun, karena sedang sibuk menggelar tur konser di Jerman dan Perancis, Anggun tidak bisa hadir selama proses audisi. Mulan Jameela sempat menduduki sementara kursi Anggun pada hari terakhir audisi. Konferensi pers perdana X Factor Indonesia digelar pada 19 Desember 2012 dan dihadiri tiga juri, kecuali Rossa. Pada kesempatan tersebut, Ahmad Dhani mengaku dilematis menerima tawaran sebagai juri karena kesuksesan Indonesian Idol saat ia menjadi juri. "Jujur buat saya menerima tawaran ini seperti jebakan batman... Yang pasti, dengan pengalaman saya di Idol musim lalu, saya yakin bahwa kunci berhasilnya acara ini adalah diversitas dalam pemilihan kontestan." Bebi Romeo mengaku bahwa keterlibatannya dalam acara ini adalah karena ajakan Dhani dan ia merasakan "beban" karena sebelumnya tidak pernah menjadi juri. Berbeda dengan Bebi, Anggun menjelaskan: "Aku enggak pernah mikirin masalah beban itu [juri dan produser], soalnya aku sama sekali enggak mikir jadi nilai jual untuk acara ini. Bintang acara ini adalah para kontestan. Kami hanya untuk kasih tahu, bukan kami bintangnya."[4]

Proses seleksi

Audisi

Kota-kota tempat audisi berlangsung.
Proses audisi X Factor Indonesia berlangsung di sepuluh kota di Indonesia yaitu Medan, Bandung, Padang, Balikpapan, Manado, Makassar, Ambon, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.[5] Sementara itu, audisi utama diselenggarakan di lima kota yaitu Medan (Universitas Negeri Medan, 29 September 2012), Bandung (Sasana Budaya Ganesha, 3 Oktober 2012), Surabaya (Balai Prajurit, 23 Oktober 2012), Yogyakarta (Jogja Expo Center, 6 November 2012), dan Jakarta (Jakarta International Expo, 13-14 November 2012). Lebih dari 100.000 pendaftar mengikuti proses audisi X Factor Indonesia. Para pendaftar diharuskan berusia minimal 15 tahun sampai dengan usia maksimal yang tidak terbatas, baik dalam format penyanyi solo maupun grup vokal.
Audisi online juga digelar selama lima hari, dari tanggal 24 hingga 28 Oktober 2012, melalui situs resmi X Factor Indonesia. Para peserta yang lolos kemudian tampil di hadapan para juri utama. Tahapan akhir dari proses audisi dilakukan di Studio 8 RCTI. Selama proses audisi para peserta tampil tidak hanya di hadapan empat orang juri utama, tetapi juga disaksikan oleh ribuan penonton secara langsung. Para penonton tersebut turut berperan dalam mempengaruhi keputusan juri utama.

Bootcamp

Tahap bootcamp berlangsung selama tiga hari di Studio 8 RCTI dan ditayangkan dalam dua episode pada 25 Januari dan 1 Februari 2013. Dalam babak ini para peserta yang lolos audisi yang berjumlah 119 kontestan dibagi ke dalam empat kategori, yaitu Boys (solo pria di bawah 24 tahun), Girls (solo wanita di bawah 24 tahun), Over 24s (solo pria dan wanita 24 tahun ke atas), dan Groups (grup vokal). Pada hari pertama audisi para kontestan diminta bernyanyi secara berkelompok, yakni kategori Boys menyanyikan lagu "Harus Terpisah" (Cakra Khan) atau "Hargai Aku" (Armada), kategori Girls menyanyikan "Butiran Debu" atau "Rindu", kategori Over 24s menyanyikan "Separuh Aku" (Noah) atau "Bunga Terakhir", serta kategori Grup menyanyikan "Could It Be" atau "Tak Pernah Padam".[6] Dalam tantangan ini, 74 kontestan dinyatakan lolos ke babak selanjutnya. Pada hari kedua bootcamp para peserta diajarkan koreografi oleh instrurktur yang berpengalaman dan kemudian harus memperagakan gerakan tersebut di depan para juri tersebut.
Pada hari ketiga bootcamp 48 kontestan yang lolos diminta untuk bernyanyi di hadapan para juri untuk kemudian diperkecil menjadi 24 kontestan. Namun, karena banyaknya talenta yang kuat, juri akhirnya meloloskan 26 kontestan. Para juri juga memutuskan untuk mengubah batasan usia kategori dari 24 tahun menjadi 26 tahun akibat ketatnya persaingan di kategori Over 24s. Karena persaingan di kategori grup yang lemah, para juri membentuk dua grup baru, yaitu grup vokal pria dan grup vokal wanita. Dua grup tersebut beranggotakan empat pria dan empat wanita yang tidak lolos dari tahapan bootcamp untuk kategori Boys dan Girls.
26 kontestan yang lolos adalah sebagai berikut:
  • Boys: Adhi Permana, Dennis Martha, Dicky Adam Siregar, Gede Bagus Perdana Putra, Mikha Angelo, Steven Fasly Lie
  • Girls: Fatin Shidqia Lubis, Melissa Putri, Nurul Fadhila, Pratami Marja Jeliana, Shena Malsiana, Theresia Dina, Yohanna Febrianti
  • Over 26s: Agus Hafiluddin, Alex Rudiart, Dwi Soraya, Isa Raja, Lisa Sulistyowati, Novita Dewi Marpaung, Syarifah Raykhan, Taufik Hidayat
  • Groups: Awan, Dalagita, Jad n Sugy, Nu Dimension (Bagus Cahya, Johanan Ariel Matulessy, Romy Syalasa, Ryan Hartanto), Ilusia Girls (Amalia Ayu, Anisa Bawaad, Iin Nurindah, Lusi Hasiana)

Judges' Home Visit

Tahapan akhir dari proses seleksi X Factor Indonesia adalah Judges' Home Visit. Episode ini ditayangkan pada 8 Februari 2013 dan menjadi episode perdana bagi Anggun sebagai juri dan mentor. Pada tahapan seleksi ini, 27 kontestan yang terbagi dalam empat kategori dibawa mengunjungi rumah mentornya masing-masing. Di sana mereka diminta untuk menyanyikan lagu pilihan mereka di depan mentornya.
Ringkasan Judges' Home Visit
Juri Kategori Lokasi Asisten juri Kontestan yang tereliminasi
Ahmad Dhani Groups Marina Batavia Kevin Aprilio Awan, Jad n Sugy
Anggun Boys Puri Wulandari, Ubud, Bali Lilo KLa Adhi Permana, Dennis Martha, Steven Fasly Lie
Bebi Romeo Over 26s Segarra Beach Cafe, Ancol, Jakarta Sandhy Sondoro Alex Rudiart, Dwi Soraya, Lisa Sulistyowati, Syarifah Raykhan, Taufik Hidayat
Rossa Girls Kediaman Rossa Maia Estianty Melisa Putri, Nurul Fadhilah, Pratami Marja Jeliana, Theresia Dina

Showcase dan Wildcard

Showcase adalah live performance pertama untuk 12 kontestan yang berhasil lolos ke acara Gala live show. Setiap mentor akan memperkenalkan kontestan terbaik yang mereka miliki kepada publik. Setiap kontestan akan tampil satu per satu untuk menunjukkan kemampuan mereka. Pada awal showcase, diumumkan bahwa setiap juri bisa membawa kembali satu kontestan sebagai wildcard. Masyarakat kemudian memilih mana dari empat wildcard yang akan menjadi finalis ketiga belas. Ini membuat juri harus memilih kontestan tambahan untuk diadu di wildcard. Dhani memilih Awan, Rossa memilih Theresia Dina, Anggun memilih Adhi Permana dan Romeo memilih Alex Rudiart. Alex terpilih sebagai kontestan ketiga belas di akhir showcase.
Penampilan kontestan di Showcase[7]
Kontestan Urutan Lagu (artis asli)
Gede Bagus 1 "The Man Who Can't Be Moved" (The Script)
Dicky Adam 2 "Aku Ini Punya Siapa" (January Christy)
Mikha Angelo 3 "Gravity" (John Mayer)
Isa Raja 4 "Radioactive" (Kings of Leon)
Novita Dewi 5 "Langit Tak Mendengar" (Peterpan)
Agus Hafiluddin 6 "Kiss from a Rose" (Seal)
Yohanna Febrianti 7 "Harus Terpisah" (Cakra Khan)
Fatin Shidqia 8 "Diamonds" (Rihanna)
Shena Malsiana 9 "Pacar Lima Langkah" (Iceu Wong)
Dalagita 10 "Call Me Maybe" (Carly Rae Jepsen)
Ilusia Girls 11 "Love You Like a Love Song" (Selena Gomez & the Scene)
Nu Dimension 12 "Crazy" (Gnarls Barkley)
Penampilan kontestan di Wildcard[8]
Kontestan Urutan Lagu (artis asli) Hasil
Adhi Permana 1 "Always Be My Baby" (Mariah Carey) Eliminasi
Awan 2 "What Makes You Beautiful" / "Beautiful" (One Direction / Cherrybelle) Eliminasi
Theresia Dina 3 "Mengejar Matahari" (Ari Lasso) Eliminasi
Alex Rudiart 4 "What It Takes" (Aerosmith) Lolos

Finalis dan kategori

Keterangan:
     – Pemenang
     – Juara kedua
     – Juara ketiga
     – Eliminasi
Kategori (mentor) Finalis
Boys (Anggun) Dicky Adam Gede Bagus Mikha Angelo
Girls (Rossa) Fatin Shidqia Shena Malsiana Yohanna Febrianti
Over 26s (Bebi Romeo) Agus Hafiluddin Alex Rudiart Isa Raja Novita Dewi
Groups (Ahmad Dhani) Dalagita Ilusia Girls Nu Dimension

Gala Live Show

Ringkasan hasil

Keterangan:
     – Kontestan dinyatakan aman (tanpa urutan)
     – Kontestan berada di posisi dua terbawah dan harus tampil menyanyi kembali
     – Kontestan mendapatkan perolehan suara publik terendah dan langsung dieliminasi (tanpa menyanyi kembali)
Hasil mingguan setiap kontestan
Kontestan Minggu 1 Minggu 2 Minggu 3 Minggu 4 Minggu 5 Minggu 6 Minggu 7 Minggu 8 Minggu 9 Minggu 10 Minggu 11
Ronde 1 Ronde 2
Agus Hafiluddin Aman Aman









Alex Rudiart Aman Aman









Fatin Shidqia Aman Aman









Gede Bagus Aman Aman









Ilusia Girls Posisi 12 Aman









Isa Raja Aman Posisi 11









Mikha Angelo Aman Aman









Novita Dewi Aman Aman









Nu Dimension Aman Aman









Shena Malsiana Aman Aman









Yohanna Febrianti Aman Aman









Dalagita Aman Posisi 12 Tereliminasi (Minggu 2)
Dicky Adam Posisi 13 Tereliminasi (Minggu 1)

Keputusan akhir Ilusia Girls,
Dicky Adam
Dalagita,
Isa Raja






Tidak ada penampilan kembali atau pemilihan juri: hasil ditentukan hanya berdasarkan perolehan suara publik
Pilihan eliminasi Dhani Dicky Adam Isa Raja





Pilihan eliminasi Rossa Dicky Adam Dalagita





Pilihan eliminasi Anggun Ilusia Girls Dalagita





Pilihan eliminasi Bebi Ilusia Girls Dalagita





Eliminasi Dicky Adam
2 dari 4 suara
Seri
Dalagita
1 dari 4 suara
Minoritas






Detil Gala Live Show

Minggu 1 (22 Februari 2013)

  • Tema: Mentor's Choice
  • Penampilan secara grup: "One More Night"[9]
  • Bintang tamu: Sandhy Sondoro ("Tak Pernah Padam"/"End of the Rainbow"/"Malam Biru")[10]
Penampilan kontestan di gala live show pertama
Kontestan Urutan Lagu (artis asli)[9] Hasil[11]
Novita Dewi 1 "Love on Top" (Beyoncé) Aman
Gede Bagus 2 "Tak Bisa Ke Lain Hati" (KLa Project) Aman
Ilusia Girls 3 "Impossible" (Shontelle) Dua terbawah
Agus Hafiluddin 4 "Sadis" (Afgan) Aman
Fatin Shidqia 5 "Rumour Has It" (Adele) Aman
Dicky Adam 6 "Smells Like Teen Spirit" (Nirvana) Dua terbawah
Nu Dimension 7 "Careless Whisper" (George Michael) Aman
Shena Malsiana 8 "(You Make Me Feel Like) A Natural Woman" (Aretha Franklin) Aman
Mikha Angelo 9 "Baby One More Time" (Britney Spears) Aman
Dalagita 10 "My Favourite Things" (The Sound of Music) Aman
Isa Raja 11 "Losing My Religion" (R.E.M.) Aman
Yohanna Febrianti 12 "Sang Dewi" (Titi DJ) Aman
Alex Rudiart 13 "Locked Out of Heaven" (Bruno Mars) Aman
Rincian keputusan akhir
Ilusia Girls 1 "Set Fire to the Rain" (Adele) Aman
Dicky Adam 2 "My Same" (Adele) Eliminasi
Keputusan para juri untuk eliminasi[11]
  • Anggun: Ilusia Girls – melindungi kontestan didikannya, Dicky Adam
  • Dhani: Dicky Adam – melindungi kontestan didikannya, Ilusia Girls
  • Bebi: Ilusia Girls – merasa Dicky memiliki kemajuan yang lebih cepat daripada Ilusia Girls
  • Rossa: Dicky Adam – meyakini Ilusia Girls memiliki "kekuatan" dalam bernyanyi
Dengan diraihnya dua suara juri oleh masing-masing kontestan, keputusan menjadi buntu dan dikembalikan pada pilihan publik. Dicky Adam tereliminasi karena memperoleh SMS terendah.[11]

Minggu 2 (1 Maret 2013)

  • Tema: Song's from my Mentor's
  • Penampilan secara grup: "I Gotta Feeling"
  • Bintang tamu: Slank ("Kuil Cinta")
Penampilan kontestan di gala live show kedua
Kontestan Urutan Lagu (artis asli) Hasil
Nu Dimension 1 "Cinta Itu Buta" (MahaDewa) Aman
Agus Hafiluddin 2 "Andai Aku Bisa" (Chrisye) Aman
Isa Raja 3 "Aku Cinta Kau Dan Dia" (Ahmad Dhani) Dua terbawah
Mikha Angelo 4 "Jadi Milikmu (Crazy)" (Anggun) Aman
Dalagita 5 "Roman Picisan" (Dewa 19) Dua terbawah
Ilusia Girls 6 "Satu-Satunya Cinta" (MahaDewi) Aman
Shena Malsiana 7 "Cinta" (Titiek Puspa) Aman
Gede Bagus 8 "Snow On The Sahara" (Anggun) Aman
Yohanna Febrianti 9 "Takkan Berpaling Darimu" (Rossa) Aman
Alex Rudiart 10 "Perbedaan" (Ari Lasso) Aman
Novita Dewi 11 "Selamat Jalan Kekasih" (Rita Effendy) Aman
Fatin Shidqia 12 "Pudar" (Rossa) Aman
Rincian keputusan akhir
Dalagita 1 "The Lonely Goatherd" (The Sound of Music) Eliminasi
Isa Raja 2 "The Only Exception" (Paramore) Aman
Keputusan para juri untuk eliminasi[11]
  • Dhani: Dalagita – melindungi kontestan didikannya, Dalagita
  • Bebi: Isa Raja – melindungi kontestan didikannya, Isa Raja
  • Anggun: Isa Raja –
  • Rossa: Isa Raja –

Penerimaan

Rating acara

[sembunyikan]Daftar episode
Episode Tanggal tayang Rating Share (%) Peringkat harian
"Audisi 1"[12] 28 Desember 2012 3,2 15,6 12
"Audisi 2"[13] 4 Januari 2013 4,7 20,8 4
"Audisi 3"[14] 11 Januari 2013 4,5 21,8 4
"Audisi 4"[15] 18 Januari 2013 3,9 21,1 5
"Bootcamp 1"[16] 25 Januari 2013 4,7 25,5 2
"Bootcamp 2"[17] 1 Februari 2013 4,9 24,3 2
"Judges' Home Visit"[18] 8 Februari 2013 4,5 26,2 2
"Showcase"[19] 15 Februari 2013 4,9 30,3 2
"Live Show 1"[20] 22 Februari 2013 4,2 27,9 2

Referensi

  1. ^ "Ahmad Dhani - Bebi Romeo Jadi Juri X Factor Indonesia". KapanLagi.com. 31 Oktober 2012. Diakses pada 21 Desember 2012.
  2. ^ "Anggun Official (@Anggun_Cipta)". Twitter. 1 November 2012. Diakses pada 29 Desember 2012.
  3. ^ "Rossa Roslaina (@mynameisrossa)". Twitter. 16 November 2012. Diakses pada 29 Desember 2012.
  4. ^ Galuh, Maria Cicilia (2012-12-20). "Anggun C Sasmi Tak Ingin Jadi Bintang X Factor Indonesia". Okezone.com. Diakses pada 29 Desember 2012.
  5. ^ "About X-Factor". X Factor Indonesia. Diakses pada 29 Desember 2012.
  6. ^ http://www.webcitation.org/6EFb75vRa
  7. ^ Hermansyah, Aldi (2013-02-15). "X Factor Indonesia: Alex Terpilih Sebagai Finalis Ke-13". Transberita. Diarsipkan dari yang asli pada 16 Februari 2013. Diakses pada 17 Februari 2013.
  8. ^ Octafiani, Devy (2013-02-16). "Ini Dia Finalis ke-13 X-Factor Indonesia". DetikHot. Diakses pada 17 Februari 2013.
  9. ^ a b Hardian, Edi (2013-02-22). "Daftar Lagu yang Dinyanyikan Peserta X Factor Indonesia". Okezone.com. Diakses pada 23 Februari 2013.
  10. ^ "Sandhy Sondoro - Live Show 1 X Factor 2013". XFactorIndonesia.com. Diakses pada 23 Februari 2013.
  11. ^ a b c d Rohanawati, Nana (2013-02-23). "X Factor Indonesia: Dicky Adam Tersingkir, Rossa dan Ilusia Girls Dikecam". Tabloid Bintang. Diakses pada 23 Februari 2013.
  12. ^ Survey Kepemirsaan Televisi Indonesia, AGB Nielsen Media Research, 28 Desember 2012
  13. ^ Survey Kepemirsaan Televisi Indonesia, AGB Nielsen Media Research, 4 Januari 2013
  14. ^ Survey Kepemirsaan Televisi Indonesia, AGB Nielsen Media Research, 11 Januari 2013
  15. ^ Survey Kepemirsaan Televisi Indonesia, AGB Nielsen Media Research, 18 Januari 2013
  16. ^ Survey Kepemirsaan Televisi Indonesia, AGB Nielsen Media Research, 25 Januari 2013
  17. ^ Survey Kepemirsaan Televisi Indonesia, AGB Nielsen Media Research, 1 Februari 2013
  18. ^ Survey Kepemirsaan Televisi Indonesia, AGB Nielsen Media Research, 8 Februari 2013
  19. ^ Survey Kepemirsaan Televisi Indonesia, AGB Nielsen Media Research, 15 Februari 2013
  20. ^ Survey Kepemirsaan Televisi Indonesia, AGB Nielsen Media Research, 22 Februari 2013

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons